Need Assessment Outbound Training (1)

Training Need Assessment (TNA) atau analisis kebutuhan pelatihan adalah suatu langkah yang dilakukan sebelum melakukan outbound training dan merupakan bagian terpadu dalam merancang Program  untuk memperoleh gambaran komprehensif tentang materi, alokasi waktu tiap materi, aktifitas/ game dan strategi pembelajaran.

di mana pelatihan yang menggunakan metode Experiental learning harus di dasarkan pada kebutuhan klien, jangan sampai kita memberikan pelatihan yang tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga dampak yang di harapkan aan kurang maksimal.

Dari analisis ini akan diketahui pelatihan apa saja yang relevan bagi suatu organisasi pada saat ini dan juga di masa yang akan datang.Organisasi tidak dapat menentukan pelatihan begitu saja tanpa menganalisis dahulu kebutuhan dan tujuan apa yang ingin dicapai.

Need Assessment kebutuhan merupakan road map untuk mencapai tujuan organsasi.

Pentingnya Need Assessment sebelum program Outbound di laksanakan : 

  • Kebutuhan menurut Briggs (dalam AKD LAN 2005) adalah ketimpangan atau gap antara apa yang seharusnya dengan apa yang senyatanya.
  • Gilley dan Eggland (AKD LAN, 2005 ) menyatakan bahwa kebutuhan adalah kesenjangan antara seperangkat kondisi yang ada pada saat sekarang ini dengan seperangkat kondisi yang diharapkan.
  • Kebutuhan pelatihan dapat diketahui sekiranya terjadi ketimpangan antara kondisi (pengetahuan, keahlian dan perilaku) yang senyatanya ada dengan tujuan yang diharapkan tercipta pada suatu organisasi.
  • Kebutuhan pendidikan (education needs) atau kebutuhan pelatihan (training needs) adalah kesenjangan yang dapat diukur antara hasil yang ada sekarang dan hasil yang diinginkan atau dipersyaratkan.
  • Tidak semua kesenjangan atau kebutuhan mempunyai tingkat kepentingan yang sama untuk segera dipenuhi. Maka antara kebutuhan yang dipilih dengan kepentingan untuk dipenuhi kadang terjadi masalah atau selected gap.

Analisis Kebutuhan Pelatihan menurut Rosset dan Arwady menyebutkan bahwa Training Needs Assessment (TNA) adalah suatu istilah yang dipergunakan dalam analisis untuk memahami permasalahan kinerja atau permasalahan yang berkaitan dengan penerapan teknologi baru.

Need Assessment Outbound Training memegang peran penting dalam setiap program pelatihan, sebab dari analisis ini akan diketahui pelatihan apa saja yang relevan bagi suatu organisasi pada saat ini dan juga dimasa yang akan datang, yang berarti dalam tahap analisis kebutuhan pelatihan ini dapat diidentifikasi jenis pelatihan apa saja yang dibutuhkan oleh pegawai dalam pengemban kewajibannya.

Fungsi Training Need Assessment :

  1. Mengumpulkan informasi tentang skill, knowledge dan feeling pekerja.
  2. Mengumpulkan informasi tentang job content dan job context.
  3. Mendefinisikan kinerja standar dan kinerja aktual dalam rincian yang operasional.
  4. Melibatkan stakeholders dan membentuk dukungan.
  5. Memberi data untuk keperluan perencanaan.

Apa Kebutuhan Training pada perusahaan anda ? kami siap bersinergi dan menganalisa kebutuhan Training baik Outbound Training maupun In House Training.