safety Talk Outbound

Safety Talk Outbound yang wajib di sampaikan

safety Talk Outbound

Safety Talk Outbound Prosedur keamanan yang wajib di sampakan sebelum Aktifitas Outbound,yaitu memberikan gambaran gambaran resiko yang perlu di Antisipasi dan menyediakan tempat tempat evakuasi jika ada hal yang menggangu keamanan peserta Outbound.

Salah satu Kewajiban seorang Fasilitar Outbound Yang Profesional  adalah harus mampu memahami Prosedur keamanan dalam kegiatan Outbound baik kegiatan yang bersifat Recreational maupun kegiatan Outbound yang memiliki tujuan Khusus seperti Team work dan yang lainya.

Keselamatan adalah nomer satu,sebelum menrencanakan kegiatan apapun kami pastikan keamanan adalah sebuah prioritas. 

Saat pelatihan outbound training berlangsung, pasti ada kekhawatiran akan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, misalnya kecelakaan baik ringan maupun berat.

Oleh karena itu, kita perlu untuk memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan keselamatan( safety).

Safety ini sangat kita perlukan sebagai bentuk antisipasi kita terhadap terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut.

Bahkan, kita memang harus lebih mengutamakannya agar sepanjang kegiatan outbound training ini berlangsung, senantiasa dapat berjalan kondusif seperti yang kita harapkan. Di samping itu, adanya safety akan cukup memberikan kenyamanan tersendiri.

Tidak akan ada hal yang dapat mengganggu jalannya berbagai kegiatan yang kita lakukan bersama.

Ada 2 hal penting mengenai Safety Talk  ini dengan pembahasan sebagai berikut : 

1. Physical safety 

Tidak ada orang yang sanggup mengeliminasi risiko hingga 0%. Pelatihan dengan media alam terbuka memiliki resiko keselamatan bagi peserta.

Oleh karena itu, setiap tempat mengadakan otubound training selalu mengutamakan keselamatan peserta dalam setiap setting aktivitas pelatihan. Safety ini misalnya dengan menggunakan fasilitator dan peralatan yang teruji secara internasional

2. Psychological safety 

Faktor penting outbound training yang sering terlupakan adalah keselamatan secara psikologis. Untuk hal ini, tempat-tempat pengadaan outbound selalu menyusun dan mendorong disepakatinya ”aturan main”. Hal ini agar tidak menimbulkan ”sakit hati” peserta yang disebabkan oleh tindakan atau perkataan dari sesama peserta maupun fasilitator.

Kedua jenis Safety Talk Outbound diatas memang sangatlah penting untuk dilakukan, bahkan sangat dianjurkan agar dalam proses pelaksanaan outbound senantiasa terhindar dari kemungkinan kemungkinan terburuk baik secara fisik maupun psikologis.

Selain akan memperlancar jalannya sebuah outbound training, suasana aman juga akan memberikan nilai positif bagi para peserta.

Oleh karena itu, disini peserta tidak hanya diperkenalkan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang berkualitas, tetapi juga akan mendapatkan suasana aman dan kondusif. Pada akhirnya , mereka akan merasa terhibur dan dapat melaksanakan semua rangkaian dengan rasa puas.